Pages

Wednesday, June 9, 2010

朝礼,中礼

Apa yah bahasa indonesianya? Salam Pagi ? Salam Siang? ^^?

Kalo di Jepang sini pagi2 suka memberi sapa selamat pagi (おはようございます) ke semua orang yang dikenal or ngga dikenal. Kalo siang2 beri salam (お疲れ様です). Dan Kalau malam2 sebelum pulang bilangnya お疲れ様です atau お先に失礼します alias bilang saya pulang duluan.
Pihak lawan yang menjawab : おはようございます。 お疲れ様です。 dan お疲れ様でした。 

Nah~ Kalo di kantorku yang sekarang.. Nah, budaya ini agak2 ga dilakukan terhadap orang yang ngga dikenal. Jadi,meski 1 kantor bahkan 1 departemen, tapi klo ga kenal..ya salam2 ini tidak diucapkan sama sekali..
Aneh sebenernya, secara kalau di kantor yang lama dipakai ke semuuuuaaa orang.

( pikiranku tiba2 melayang ke masa2 dulu masih ramaii sekali teman2 nya.. )

Uhuk2.. Nah, selain itu banyak juga yang bilang kalau bawahan dan atasan itu kurang komunikasi, bahkan antara 1 tim sendiri kurang komunikasi.. dkk.

Sehingga ditetapkanlah hal ini ..朝礼 or 中礼 tiap hari !
朝礼 or salam pagi dan 中礼 or salam siang2..Ini pada hakikatnya mengumpulkan anggota tim lalu rapat mini ( 3-5 menit).. Rapat ini dipimpin oleh atasan tim itu or orang yang sudah ditunjuk.
Diawali dengan ucapan :おはようございます (klo pagi2.) dan お疲れ様です (kalo siang2).
Lalu mulai deh share informasi..or sekedar ngomong topik yang ga jelas.. :p

中礼 tiap hari dijalankan oleh kelompokku.. Kadang2 sampe bingung..mau ngomong apa.. wahahah. No topic.. Tim sebelah malah adain ramalan bintang hari itu..dan ramalan cuaca... wakakakak.. ^^ lucu jg.. hihihi..

Selain hal ini . tiap pagi dah mendekati jam 9.. ada deh tuh para atasan berderet di depan pintu masuk karyawan lalu memberi salam ke setiap pegawai yang datang... ^^;
Hal ini seh.............. ANEH ! hahaha.. rasanya kaya pengen lari kabur..hihhihi..

Abis masa disambut sedemikian rupa.. Kemaren itu ada 11 orang yang berdiri di situ.. sampe deg2 an deh...

Ntah kenapa, kalau yang ini seh i ga biasa.. Mungkin kaya merasa masuk ke departemen store yang baru saja jam buka..and anda tamu pertama sehingga disambut dengan deretan pegawainya yang ucapin "いらっしゃいませ~" hahahahaha.

Buuuh~ hahahaa... Dah belakangan i suka datangnya di siangin dari biasanya.. krn suka naek kereta local yang kosooong .. :p Jadinya tiba di kantor selalu ketemu deh sama orang2 penyambut ini.. ^^;


Yach.. Gimana kalo chuurei (中礼 = salam siang) ini dijalanin di Indo ya? dan gimana kalo di indo juga para atasan dateng pagi2 dan melakukan hal memberi ucapan salam selamat pagi ke karyawannya? hum~ menarik mungkin.. :p hehehehe..

No comments: