Pages

Friday, June 18, 2010

Paranoid di kantorku

Paranoid.. Yap Itu judulnya..

Dulu pas di Jakarta.. Kayanya ya kalo foto2 di kantor tuh boleh2 aja deh ( seinget ku berdasarkan foto2 cici dengan teman2 kerjanya di ruang kerja..)

Nah.. Kalo di perusahaanku sekarang.. Mungkin karena yach..persaingan ketat dan takut adanya kebocoran informasi .. Jadinya HP berkamera aja ga boleh dipakai di ruang kerja !

Ada locker keciill khusus buat menaruh HP kita selama kita kerja.. Tempat locker ini biasanya ditaruh diluar sebelum masuk ke wilayah kerja. Misal : Dar 5 lantai..klo dari lantai 3 itu dah tempat kerja semua. bearti locker HP nya ditaruh di lt. 2 .. Pokoke tempat2 dimana pekerja lewatin untuk sampai ke wilayah kerjanya.

Lalu didepan pintu masuk kantor ada tanda kamera dicoret.. Bearti dilarang menfoto..

So. Selama di wilayah gedung kantor ini . Mau ke gedung mana2 aja.. pada dasarnya NO PICTURE PLEASE !

Dulu pernah. 1 produk yang lagi dikembangin bocor fotonya ke majalah.. Sehingga langsung deh ketatt banget pemeriksaannya pada waktu itu.. Semua orang ditanyain bawa HP ga ke ruangan ini.. dkk.. Dan locker HP nya diperbanyak... WOW ~

Tapi kalo melihat tuh foto yang bocor memang merasa sedih seh. Bayangin aja.. Hasil kerja yang dikerjain dengan sepenuh hati..bocor di majalah.. dan kalau misalnya tiba2 liat tuh produk di copy sama perusahaan lain.. dan tuh perusahaan dapet keuntungan gede alias produknya laris.. Ya sedih juga seh.. secara ide nya dari sini kog tiba2 situ yang dapet keuntungannya.

Hal ini kembali ke ETIKA kerja masing2 orang kali ya.. Niat di hati nya gimana aja..
HUm~~

Gara2 hal diatas.. sampe ada peringatan dulu.. " Kalau pergi keluar dari wilayah kantor.. harap jangan bicarain tentang kerjaan.. Terutama di kereta, di izakaya, di restoran, di tempat2 ramai"
Wah~ Hal ini baik juga neh pikirku.. Jadi keluar kantor bener2 ga mikirin kerjaan..

Tapi ke paranoid-an ini kog berlangsung juga sampe kalo meja kerja sendiri jg ga boleh..hum~ Kalo menurutku.. Asal tuh meja kerjanya ga menunjukkan barang2 aneh2 produk perusahaan ya ga papa lahh difoto.. Misal :di atas meja kerjanya cuma ada laptop doang degan screen ditutup. . or PC tapi screen nya ga nyala..

Hum~ tapi memang seh..sekali lagi ini balik lagi ke ETIKA masing2..

Kalo tiba2 di screen itu ditampilkan gede2 material yang rahasia perusahaan..trus meja tersebut kita foto.. dan taruh di web sosial seperti mixi..or facebook.. Lah alih2 buat bilang ke ortu " Ini loh meja kerjaku kaya gini ".. malah bakalan ngasih gratis info rahasia perusahaan ke orang umum kali ya.. hahaha..

HUm.. Tapi gara2 paranoid-ya ini ..Jarang banget punya foto dengan rekan kerja.. Terutama foto di kantor.. Woah.. GA ADA ! hahahaha..
Pernah foto2..itu juga pas lagi hanami -an..

Sedih juga seh kalo dibandingin dengan di indonesia sana.. Kadang2 i sering liat di Facebook foto teman2 dengan rekan kerjanya .. foto2 nya di ruang kantor.. dan suasananya menyenangkan sekali.. Kalo di sini ? Tipe Robot alias jam kerja ya kerja...hahahhaa.. Foto2 ? buset..bisa dibawa ke atasan buat diomel2 in kali ya..trus dipecat.. hikkz..

Level security yang tinggi di sini membuat shock.. bisa dimengerti sekaligus buat sedih di saat yang bersamaan.. Karena kenang2 an buat nanti di masa tua susah banget bisa ada bukti fisik nya.. Adanya di otak saja.... " dulu.. ruang kantorku kaya.... dulu.. teman2 ku kaya... dulu rekan2 kerjaku kaya....begini "

Gimana dengan kantor lain ya? Secara I ga pernah kerja selain di sini ... Jadi belum punya pengalaman banyak.. humm~ Apakah semua kantor di LN mirip2 gini peraturan security nya?

No comments: